Merbabu, Pendakian ke-6 kalinya

img-20170122-wa0006
Sabana 2 Mt Merbabu via Selo

Merbabu , salah satu gunung favorit para pendaki di kawasan Jawa tengah, dengan ketinggian 3142 mdpl. Saya sendiri sudah ke enam kalinya kesini. Gag ada rasa bosan sama sekali. Hamparan rumput hijau, hingga sunrise pagi hari yang mempesona. Pendakian kali ini beranggotakan 4 org. Saya, Tofik, Dinu dan Yusuf.

Kami berempat berangkat dari Bantul pukul 18.00, karena memang siang kami harus kerja dulu. Perjalanan dari Bantul kali ini terasa lama sekali. Jalur yang kamitempuh biasanya dalam waktu 2 jam, kali ini harus kami tempuh dalam waktu 3 jam. Karena kondisi sudah malam, hujan  dan jalan Ketep – Selo yang rusak parah. Sampai di basecamp sekitar pukul 21.00. Istirahat sebentar , ganti pakaian dan makan malam.

Pendakian kami mulai Pukul 22.00 malam, ini pertama kali nya saya start mendaki sudah larut malam. Dengan kondisi cuaca mendung disertai angin kencang. Kami hanya bisa berdoa semoga tidak hujan dalam perjalanan keatas. sekitar pukul 23.15 kami sampai di Pos 1 Dok Malang, istirahat 10 menit pendakian kami lanjutkan  menuju Pos 2 , perjalan dari Pos 1 Dok Malang ke Pos 2 Pandean agak panjang.  Ditengah perjalanan nanti ada pos bayangan /Pos kota. Setelah perjalanan  kurang lebih 1,5 Jam dari Pos 1, sampailah kami di Pos 2 Pandean. Jarak dari pos 2 Pandean ke Pos 3 Watu Tulis cukup dekat, kurang lebih 45 menit perjalanan.

img-20170122-wa0007

Sesuai rencana kami tiba di Pos 3 Watu Tulis pukul 01.15 dini hari. kami rencana memang mau pasang tenda di Pos 3 ini, dengan pertimbangan waktu dan perjalanan ke Puncak yang lebih ringan. Kami mendirikan tenda dan segera masuk ke dalam.  Karena kondisi cuaca mulai gerimis dan angin kencang.Setelah  makan dan menghangatkan diri kami lanjut isitrahat.  Jam 05.00 kami bangun pagi, persiapan buat muncak, tapi pendakian kali ini cuma Dinu dan Yusuf yang muncak, saya sendiri lebih memilih untuk istirahat, karena memang seharian kerja  dan langsung melakukan pendakian memang sangat melelahkan.

img-20170122-wa0005Setelah puas di ketinggian kami memutuskan turun, kami turun dari Pos 3 Pukul 14.00 , sampai kembali dibasecamp pukul 16.15, dalam perjalanan ke basecamp ini kami diguyur hujan terus , Istirahat, Makan malam di basecamp, dan pukul 18.00 berangkat pulag ke Bantul. Sampai di Bantul Pukul 21.00 malam. Perjalanan yang melelahkan, ditambah besok  langsung kerja. Ya tapi itulah nikmat bertualang.